Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Tuesday, August 15, 2006

Ikan Sanma Bakar & Sambal Terong

Beberapa hari yang lalu kami ketamuan Uni Lini yang berasal dari Padang. Ia sama sekali tidak makan daging ayam, fobi terhadap ayam. Jadinya kami menyiapkan makanan non ayam dan sudah paham kegemarannya akan sambal terong dan ikan. Yang disajikan adalah Ikan Bakar dan Sambal Terong. Ikannya dipilih yang beku yaitu "frozen Pacific Saury" alias Sanma. Saya mengenal ikan ini ketika berada di Jepang dan kini bisa diperoleh di supermarket Cina atau pun Korea dan Jepang di sydney diimpor dari Taiwan.

Cara membuat ikan bakar, ikan yang runcing mulutnya itu didefrost dulu terus dipotong menjadi dua dan potongan tersebut dibelah lagi dan dipipihkan. Lumuri garam dan taruh dalam griller jangan diberi apa pun, bakar hingga agak kering.

Sambal terong membuatnya, terong dipotong panjang-panjang kemudian ditumis dengan sedikit minyak bubuhi parutan bawang dan sambal lombok hijau/merah. Sebagai pengganti terasi dipakai 'bonito flakes' (juga Jepang) dan bubuhi garam serta merica. Sambal terong juga dibubuhi potongan tomat dan irisan daun jeruk purut. Bubuhkan sausnya pada belahan ikan yang sedang dibakar.

Sambal terong dimakan dengan ikan bakar tersebut dengan nasi putih yang mengepul akibatnya :"tambuah tigo kali" karena si uni suko jadinyo tambuah lagi. Rancak bana!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home