Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Monday, June 05, 2006

Talas dan Ubi Rebus

Ketika musim dingin tiba di permulaan bulan Juni ini, di bagian barat kota Sydney luar biasa dinginnya, mungkin bisa 10 derajat di siang hari dan 5 derajat di pagi hari. Paling enak, dingin-dingin di depan perapian sambil makan ubi dan talas rebus.

Siapkan panci, isi dengan air, parutan bawang serta garam dan sesendok mentega. Rebuslah ubi bersama talas. Ubi atau Sweet potatoes boleh dibelah-belah dahulu. Bila sudah masak, taruhlah dalam tempat yang berlubang-lubang agar air menetes turun.

Sisakan sedikit pucuk talas. Pilih yang banyak 'mata'nya dan taruh dalam pinggan berair. Dalam beberapa hari, tunas daun talas bermunculan. Letakkan di atas meja dan setiap kali tambahkan airnya. Sungguh suatu hiasan menarik mirip bonsai! Idenya juga terbetik ketika berkunjung ke Jepang. Orang Jepang selalu menaruh pucuk ubi maupun talas di dalam mangkuk berisi air di dekat jendela dapur. Bila telah bertunas kelak bisa dipindahkan ke kebun. Bagi kita yang sedang mengalami musim dingin di Sydney harus tunggu 3 bulan hingga musim semi tiba.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home