Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Thursday, May 18, 2006

Setup Jambu dan Puding Jambu


Apabila mengundang tamu untuk makan di rumah, menu makanan yang disajikan bisa dibaca para tamu karena di sebelah kiri pintu masuk, di dekat 'Dining Room' terpasang sebuah papan tulis dengan daftar menu. Papan tulis itu dibeli di sebuah toko antik, semula adalah papan untuk menulis nyanyian dan bacaan alkitab di gereja. Konon itu terambil dari sebuah gereja tua dan papan itu buatan awal tahun 1800.

Selama lagi musim buah jambu maka menunya pun jambu. Telur pindang dibuat dengan bumbu daun jambu, yang lain lagi adalah 'Setup Jambu'.
Cara membuatnya mudah, jeranglah sepanci besar air yang telah dibubuhi gula pasir, sebatang kayu manis, beberapa butir cengkih dan masukkan buah jambu biji yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Bila telah mendidih ambillah kayu manis dan cengkihnya sehingga rasa getir tidak timbul. Sajikan dalam keadaan dingin dengan beberapa potong buah jambu di dalam gelas.

Hal lain yang bisa dibuat adalah 'Puding Jambu', untuk itu dibutuhkan tepung Hungkwe. Buatlah adonan tepung seperti tertera pada bungkusnya dan ketika dituang ke dalam pinggan aturlah potongan buah jambu yang diambil dari dalam setup jambu minus bijinya. Bila sudah dingin sajikan dalam keadaan terpotong-potong rapi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home