Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Thursday, May 18, 2006

Dapur Kuno IndoAus (1)

Dapur di sebelah kiri adalah dapur zaman pendudukan Belanda di Indonesia sedangkan dapur di sebelah kanan adalah dapur kebanyakan rumah tangga di Australia pada tahun 1930an. Foto dapur itu diambil di Power House Museum, Sydney pada tanggal 18 May 2006, peringatan Hari Musium sedunia.

Yang tampak tergantung macam kurungan itu adalah lemari terbuat dari kaleng berlubang angin untuk menyimpan daging agar tidak terkena lalat atau pun debu. Karena suhu udara yang sejuk pada saat musim dingin, daging bisa disimpan secara demikian sebab pada saat itu belum ada kulkas atau lemari pendingin. Yang bentuknya seperti tempat tidur bayi menempel pada dinding adalah rak pengering piring. Kedua dapur itu menimbulkan rasa rindu pada keluarga dan terbitnya selera pada bayangan masakan mengepul dari dapur.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home