Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Tuesday, May 30, 2006

Lumpia Istimewa

Bahan yang dibutuhkan : bangkuang, rebung, wortel, jamur, kecap Jepang Tsuyu, daging ayam, kulit lumpia, bawang, daun brambang/ kucai, telur ayam, minyak goreng, garam, merica.

Mula-mula kupaslah bangkuang dan rajang menjadi irisan kecil memanjang seperti juga ketika mengiris rebung dan wortel.

Siapkan bagian atas paha ayam yang dipotong-potong menjadi bongkah-bongkah kecil sebesar dadu. Tuangi kecap Jepang Tsuyu dan bumbuhi garam serta merica dan parutan bawang, masak dalam sebuah wajan yang telah dituangi sedikit minyak sayur. Bila ayam telah menguning, kecilkan api dan empukkan dagingnya dengan merebusnya kira-kira 15 menit. Setelah itu pisahkan daging ayam dari tulangnya.
Jerangkan wajan di atas api, tuangi sedikit minyak dan taburkan sedikit irisan bawang, goreng hingga kuning. Masukkan irisan wortel, bangkuang dan rebung serta daging ayam dan kaldunya. Bubuhi garam dan merica secukupnya, tambahkan irisan dadar telur.

Setelah bumbu lumpia menjadi dingin, pisahkan dari kaldunya. Siapkan kulit lumpia yang telah dikeluarkan dari lemari es. Tutup dengan serbet sehingga kulit lumpia tidak kering. Taruh bumbu di atas kulit lumpia dan bungkus rapi, bisa dilem ujungnya dengan kocokan telur.

Lumpia yang telah dibungkus bisa langsung digoreng dan sajikan ketika masih panas dengan potongan daun kucai.

Untuk mengetahui sejarah Lumpia bukalah http://en.wikipedia.org/wiki/Lumpia

0 Comments:

Post a Comment

<< Home