Resep Masakan IndoAus

Kumpulan resep masakan dan catatan pendek mengenai kisah yang menyangkut pembuatan masakan tersebut(theresajackson@iinet.net.au). Silakan buka My Complete Profile untuk membaca 5 Blog yang lain; Kisah-kisah Imigran di Australia, Sketsa Kehidupan di Australia, Persahabatan Indo-Jepang di Australia, Kerabat Jawa di NSW dan Toys of Migrants in Australia. Anda diharapkan untuk memberikan komentar melalui Post a Comment.

Thursday, May 18, 2006

Telur Pindang (1)



Pohon jambu mudah didapatkan di Indonesia namun di Australia pohon jambu termasuk 'tanaman langka' walau pun sebenarnya cukup mudah juga untuk ditanam namun tidak biasa ada di kebun orang. Di Indonesia dimanapun kita berada selalu tampak pohon Nyiur namun di Australia pohon yang terbanyak adalah pohon Eucalyptus. Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalangnya!

Sungguh senang hati kami ketika melihat sebatang pohon jambu tumbuh di sebelah pagar rumah saat rumah ini baru saja dibeli namun sayangnya pohon itu bukan milik kita namun tumbuh di halaman samping tetangga. Saya bergumam alangkah senangnya bila pohon jambu itu tumbuh di tempat kami. Setiap kali memarkir mobil di samping pagar saya berkata pada pohon jambu:"Aih, andaikan kau tumbuh di sini alangkah senangnya!". Pemilik jambu tersebut, sepasang suami interi Belanda yang bisa berbahasa Indonesia karena berasal dari Bandung, kurang menyukai adanya pohon tersebut karena bila berbuah banyak mendatangkan lalat.

Aneh bin ajaib, sebulan setelah kami pindah ke rumah itu, sang pohon jambu mengirimkan anaknya melalui pagar pembatas. Ternyata sudah lama sebagian batangnya terbenam di tanah semacam akar dan cabangnya ditumbuhkannya menembus ke pagar kami. Ranting daun yang tumbuh sengaja saya tarik dengan tali merapat pada pagar hingga tanaman jambu itu tumbuh bak tanaman pagar. Tepat setahun kemudian buahnya pun bermunculan, sampai pada bulan Mei ini buah pertamanya mencapai sekitar 200 biji. Buahnya mudah dipetik, disela-sela dedaunan jambu yang tumbuh melebar ke arah kiri dan kanan pagar. Lalat tidak sempat datang karena setiap kali ada yang masak langsung ketahuan dan mudah dipetik!



0 Comments:

Post a Comment

<< Home